Tok, BTN Bagi Dividen Rp 700,19 Miliar


Categories :

Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) udah menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST). Pada rapat tersebut, pemegang saham menyetujui jatah dividen sebesar 20 persen atau Rp 700,19 miliar dari laba bersih th. buku 2023 sebesar Rp 3,5 triliun.

Selanjutnya, sebesar 80 persen laba BTN di 2023 atau sejumlah Rp 2,8 triliun dapat digunakan sebagai saldo ditahan untuk pengembangan usaha perseroan. Nilai jatah dividen berikut setara bersama dengan Rp 49,89 per lembar saham yang dapat link sbobet88 dibagikan didalam bentuk dividen kepada pemegang saham, yaitu Pemerintah Republik Indonesia sebesar 60 persen dan Publik sebesar 40 persen.

Pemegang saham menyetujui jatah dividen th. buku 2023 bersama dengan payout ratio 20 persen,” ungkap Direktur Utama BTN Nixon L.P. Napitupulu didalam konfernsi pers usai RUPST di Menara BTN, Rabu (5/3/2024).

Nilai jatah dividen th. buku 2023 meningkat kira-kira 15 persen dari total dividen th. buku 2022 kira-kira Rp 609 miliar. Pembagian dividen th. buku 2023 merupakan prinsip perseroan untuk menaikkan kontribusi kepada pemerintah, dan juga usaha perseroan untuk menaikkan shareholders value kepada investor.

“Pemberian dividen sebesar 20 persen senantiasa dapat dapat menjaga rasio permodalan perseroan terhadap th. 2024 di atas beberapa syarat regulator. Kami meminta bersama dengan jatah dividen ini para investor jadi setia bersama dengan saham BBTN,” kata Nixon.

Dengan komposisi saham pemerintah sebesar 60 persen, perseroan dapat menyetorkan dividen sebesar Rp 420,1 miliar ke Rekening Kas Umum Negara. Dividen untuk th. buku 2023 dibayarkan secara proporsional kepada setiap pemegang saham yang namanya tercatat didalam Daftar Pemegang Saham terhadap tanggal pencatatan.

BTN Luncurkan Logo Baru, Begini Tampilannya

Sebelumnya, memasuki usianya yang ke-74, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) melakukan rebranding tidak benar satunya bersama dengan meluncurkan logo baru. Logo baru BTN yang dirilis merupakan simbol keberhasilan dan prinsip perseroan didalam melanjutkan transformasi menjadi Bank yang lebih modern, dan adaptif didalam menghadapi digitalisasi.

Langkah rebranding ini seiring bersama dengan transformasi perusahaan untuk menjadi The Best Mortgage Bank in South East Asia terhadap 2025.

BTN meluncurkan logo barunya didalam gelaran BTN Anniversary Festival 2024, yang diselenggarakan terhadap Minggu, 3 Maret 2024 di Indonesia Arena, Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Dalam sambutannya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, ulang th. ke-74 dan peluncuran logo baru menjadi momentum bagi BTN untuk melakukan percepatan transformasi.

Erick menyampaikan, BTN harus dapat menjadi tumpuan didalam solusi pembiayaan perumahan bagi masyarakat. Ia menyebutkan, saat ini 52 persen masyarakat Indonesia tinggal di perkotaan, dan diperkirakan angka ini meningkat menjadi 70 persen terhadap 2035.

Erick mengatakan, pembiayaan untuk 600.000 rumah tidak lumayan mencukupi keperluan masyarakat, dikarenakan secara keseluruhan, (kekurangan) perumahan di Indonesia tetap bertengger di angka 12,7 juta.

“BTN tentu udah luar biasa, dari 600 ribu rumah, saat ini udah 300 ribu rumah yang BTN biayai. Tapi angka 1 juta sampai 1,5 juta rumah harus menjadi terobosan,” ujar Erick, dikutip dari siaran pers, Minggu (3/3/2024).