Teknik Servis Voli yang Sasaran untuk Meningkatkan Kerja Anda di Lapangan


Categories :

Voli merupakan olahraga yang memerlukan keahlian teknis yang bagus, termasuk dalam melaksanakan servis. Jikalau melalukannya dengan bagus, tim dapat mengawali serangan atau malahan mendapatkan poin.

Servis dalam permainan bola voli menjadi hal dasar yang perlu diketahui. Sebab, mengaplikasikan teknik servis yang pas kapabel mendulang tambahan angka bagi tim yang dibela.

Sebaliknya, jikalau teknik servis yang dijalankan kurang pas, maka dapat menjadi bumerang bagi tim sendiri. Pasalnya, servis dalam permainan bola voli dapat diistilahkan sebagai pertanda dimulainya laga.

Sehingga, jikalau servis yang dijalankan gagal lewat net atau memasuki zona lawan, maka tim lawan memiliki hak memperoleh satu angka. Sementara, jikalau servis yang dijalankan sukses masuk kearea lawan dan tak dapat diantisipasi, maka satu poin bakal bertambah ke tim yang dibela.

Oleh sebab itu, mempelajari teknik servis voli perlu dijalankan sebagai hal dasar. Apalagi, teknik servis menjadi salah satu diantara empat link sbobet88 teknik yang perlu dipegang dalam permainan bola voli.

Mengutip dari buku Seri Olah Raga Bola Voli (2019) karya Anung Hendar Krisnanto, teknik dasar permainan bola voli terbagi menjadi block, service, smash, dan passing. Keempat teknik tersebut wajib dipegang dan menjadi modal utama bagi seorang pemain bola voli.

Dengan menguasai teknik servis voli yang efektif ini, Anda dapat meningkatkan kinerja Anda di lapangan dan memberikan kontribusi yang lebih besar dalam permainan. Penting untuk melatih dan menguasai tiap teknik servis ini dengan bagus supaya dapat menggunakannya secara efektif dalam laga.

  1. Servis Float

Servis float merupakan teknik servis voli yang paling awam diterapkan. Dalam servis ini, bola dipegang dengan tangan yang mendekati pangkal jari-jari. Pemain kemudian membawa tangan yang memegang bola ke belakang dan meluncurkannya ke depan dengan gerakan yang lembut. Tujuan dari servis float merupakan membuat bola bergerak dengan kecepatan rendah dan tak memiliki rotasi yang terang, sehingga susah untuk diprediksi oleh lawan.

Tata sistem servis float:

  • Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu dan posisi tubuh yang tegak.
  • Pegang bola dengan tangan yang mendekati pangkal jari-jari.
  • Bawa tangan yang memegang bola ke belakang dengan gerakan yang lembut.
  • Luncurkan bola ke depan dengan gerakan yang lembut, tanpa memberikan rotasi yang terang.
  1. Servis Topspin

Servis topspin merupakan teknik servis voli yang diterapkan untuk memberikan rotasi pada bola. Dalam servis ini, bola dipegang dengan jari-jari yang membentuk huruf \\”C\\”. Pemain kemudian membawa tangan yang memegang bola ke belakang dan meluncurkannya ke depan dengan gerakan yang cepat dan kuat. Tujuan dari servis topspin merupakan membuat bola bergerak dengan kecepatan tinggi dan memiliki rotasi yang kuat, sehingga susah untuk dipegang oleh lawan.

Tata sistem servis topspin:

  • Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu dan posisi tubuh yang tegak.
  • Pegang bola dengan jari-jari yang membentuk huruf \\”C\\”.
  • Bawa tangan yang memegang bola ke belakang dengan gerakan yang cepat dan kuat.
  • Luncurkan bola ke depan dengan gerakan yang cepat dan kuat, memberikan rotasi yang kuat pada bola.
  1. Servis Jump Float

Servis jump float merupakan teknik servis voli yang dijalankan dengan melompat saat melaksanakan servis. Dalam servis ini, pemain melompat ke udara dan memukul bola dengan tangan yang mendekati pangkal jari-jari. Tujuan dari servis jump float merupakan menciptakan kombinasi antara kecepatan dan keakuratan, sehingga susah untuk diprediksi dan dipegang oleh lawan.

Tata sistem servis jump float:

  • Berdiri dengan kaki terbuka selebar bahu dan posisi tubuh yang tegak.
  • Mengerjakan lompatan ke udara saat melaksanakan servis.
  • Pegang bola dengan tangan yang mendekati pangkal jari-jari.
  • Pukul bola dengan gerakan yang lembut, menciptakan kombinasi antara kecepatan dan keakuratan.