Sejarah Terbentuknya BundesLiga Bola


Categories :

Sejak didirikan pada tahun 1963, Bundesliga sudah berkembang menjadi tidak benar satu liga paling baik dan paling dikenal di dunia. Ini adalah kisahnya sejauh ini. Sebelum dimulainya Bundesliga, piramida sepak bola Jerman dipecah menjadi tingkatan regional yang mewakili Berlin dan Jerman Barat bagian utara, selatan, barat daya, dan barat. Dua paling atas di tiap-tiap wilayah setelah itu dapat melaju ke langkah ke dua untuk destincrustpizzeria menentukan juara nasional tahun itu.

Dengan Jerman terpecah menjadi dua sampai reunifikasi pada tahun 1990, bagian timur negara tersebut mengoperasikan sistemnya sendiri berasal dari tahun 1948 sampai 1991, bersama DS-Oberliga (yang setelah itu beralih nama menjadi Fußball Oberliga DFV pada tahun 1958) berada di posisi paling atas berasal dari tiga divisi yang membentuk Jerman. Struktur liga timur.

Awal Mula Pembentukan

Semuanya berupa amatir atau semi-profesional pada era itu dan penggabungan Oberligen Jerman Barat menandai era baru profesionalisme sepak bola di negara tersebut. Pembentukan Bundesliga tidak cuma dikaitkan bersama permintaan untuk memprofesionalkan olahraga di Jerman, tapi juga untuk menghentikan pemain paling baik pergi ke luar negeri dan untuk menghidupkan kembali nasib tim nasional setelah mereka tersingkir di Piala Dunia FIFA 1962 di tangan Jerman. menjamu Chile di babak perempat final.

Delapan belas hari setelah kekalahan itu, pada 28 Juli 1962, 103 berasal dari 129 delegasi Deutscher Fußball-Bund’s (Asosiasi Sepak Bola Jerman) menentukan liga terpusat pada pertemuan bersejarah di Dortmund. Pengacara Osnabrück Hermann Gösmann, yang sudah lama berkampanye untuk profesionalisme yang lebih baik di dalam permainan, ditunjuk sebagai presiden DFB yang baru dan ditugaskan untuk mengawasi pelaksanaan liga baru.

Dilakukan Pemungutan Suara

Gösmann membentuk komite beranggotakan enam orang bersama Walter Baresel, penduduk asli Hamburg, pengacara Dr. Willi Hübner berasal dari Essen, presiden Cologne Franz Kremer, rekannya berasal dari Nuremberg Ludwig Franz, dan jurnalis Hermann Neuberger. Mereka kudu memimpin banyak ketetapan penting, cuma 12 bulan sebelum akan pas Bundesliga mengawali debutnya. Setelah delegasi DFB yang lebih luas menentukan divisi 16 tim untuk mengawali musim 1963/64, tugas besar pertama mereka adalah menentukan siapa yang lolos berasal dari 46 pelamar.

Baca Juga : Mengenal Sejarah Berdirinya Liga Serie A Italia

Akhirnya, pemungutan suara bersama suara bulat menentukan bahwa lima tim dapat bergabung berasal dari Oberliga Barat, lima tim kembali berasal dari Selatan, tiga berasal dari Utara, dua berasal dari Barat Daya dan satu berasal dari Berlin. Tim bagian pendirinya adalah: 1860 Munich, .Werder Bremen dan VfB Stuttgart, Schalke, Saarbrücken, Nuremberg, Preußen Munster, MSV Duisburg, Karlsruhe, Kaiserslautern, Hertha Berlin, Hamburg, Eintracht Frankfurt, Eintracht Braunschweig, Borussia Dortmund, Cologne otomatis kehilangan area karena 1860 memenangkan gelar pada 1962/63 meski unggul di dalam klasemen 10 tahun.

Banyak Tim Debut Perdana

Meskipun tim-tim tersebut diremehkan karena diabaikan untuk masuk ke tingkat teratas, dan {beberapa|sebagian|lebih berasal dari satu} dapat mengajukan tantangan hukum, mereka dapat diberi kesempatan untuk mendapatkan promosi berasal dari begitu banyak ragam divisi Regionalliga yang tersisa, yang sekarang masuk ke di dalam kejuaraan baru.Kampanye perdana Bundesliga di awali pada 24 Agustus 1963 dan cuma kudu pas tidak lumayan berasal dari satu menit untuk mencetak gol pertama. Timo Konietzka berasal dari Dortmund adalah orang yang mencatatkan namanya di dalam buku sejarah, mencetak gol cuma di dalam pas 58 detik melawan Werder.

Konietzka setelah itu mengenang bahwa usahanya memicu banyak orang lengah, itulah sebabnya tidak ada foto yang disita alih berasal dari peristiwa bersejarah tersebut. Dia berkata: “Semua fotografer berada di belakang gol kami, karena mereka seluruh menghendaki Bremen untuk mencetak gol.”

Awal Mula Dikuasai Oleh Tim Yang Tersingkirkan

Kehormatan itu dapat diberikan kepada Cologne, yang finis enam poin di atas Duisburg – yang pas itu dikenal sebagai Meidericher SV – pas keunggulannya adalah dua poin. Georg Knöpfle adalah pelatih yang memberi tambahan dan Borussia Neunkirchen mendapat promosi berasal dari divisi regional di bawahnya.Hannover kepada Billy Goats, bersama striker 16 gol Karl-Heinz Thielen memberi tambahan kekuatan pada melempar. Münster dan Saarbrücken menjadi tim pertama yang terdegradasi, pas gelar Bundesliga pertama

Enam belas tim dapat menjadi 18 tim pada musim 1965/66, pas Bundesliga 2 diluncurkan pada tahun 1974 dan musim 1981/82 menampilkan play-off promosi/degradasi diperkenalkan untuk pertama kalinya. Mereka sempat pensiun berasal dari tahun 1991 sampai 2008, tapi tetap menjadi andalan di tiga divisi paling atas sejak pas itu.adalah perwakilan Timur pertama yang ambil bagian di dalam Bundesliga, tapi kami tetap tunggu untuk lihat tim berasal dari timur lama mengangkat gelar Bundesliga.Dynamo Dresden dan Hansa Rostock

Daftar Tim Yang Pernah Juara

Secara historis, tim Jerman adalah organisasi nirlaba yang dilaksanakan oleh asosiasi anggotanya. Pengenalan ketetapan 50+1 pada tahun 1998 meyakinkan bahwa kepemilikan teristimewa di dalam bentuk apa pun dilarang. Aturan ini artinya bahwa klub – dan, lebih jauh lagi, para pengagum – memegang mayoritas hak suara mereka sendiri. Berdasarkan ketetapan Liga Sepak Bola Jerman (DFL), klub sepak bola tidak dapat diizinkan bermain di Bundesliga terkecuali investor komersial miliki lebih berasal dari 49 % saham, dan itulah sebabnya utang dan upah di sepak bola Jerman terpecahkan dan mengapa harga tiket terlalu rendah. dibandingkan liga-liga besar lainnya di Eropa.

Ada 12 juara Jerman yang tidak sama sejak liga ini didirikan, bersama Bayern Munich (30) mengoleksi gelar terbanyak. Dortmund dan Borussia Mönchengladbach (keduanya lima) berada di urutan berikutnya, pas Werder (empat), Hamburg, Stuttgart (keduanya tiga), Cologne dan Kaiserslautern (keduanya tiga), keduanya) merupakan klub lain yang miliki lebih berasal dari satu trofi Bundesliga di lemarinya.