Sejarah Liga Inggris, Kompetisi Sepak Bola Paling Kompetitif di Eropa

sejarah liga inggris

Categories :

Liga Premier Inggris (English Premiere League) merupakan kasta tertinggi dalam kompetisi sepak bola di Inggris. Namun apa ada yang tahu awal mula liga ini hadir? Simak sejarah Liga Inggris selengkapnya di sini Liga Inggris merupakan kompetisi sepak bola yang diikuti oleh 20 tim dari berbagai kota di Inggris. Kompetisi ini menjalankan sistem degradasi dan promosi setiap tahunnya untuk memberikan kesempatan kepada tim-tim yang berada di divisi championship untuk berlaga di kompetisi premiere league.

Setiap tahunnya, tim-tim yang berlaga di premiere league menjalankan pertandingan sebanyak 38 kali selama satu musim penuh, yang terdiri dari 19 pertandingan kandang dan 19 pertandingan lainnya dijalankan secara tandang (home away). Liga Inggris dijuluki sebagai kompetisi yang paling kompetitif di dataran Eropa karena perbandingan kualitas tim peserta premiere league ini tidak terlalu jauh perbedaannya sehingga memungkinkan setiap tim kecil memiliki kesempatan untuk mengalahkan tim-tim besar yang sudah memiliki sejarah panjang.

Baca Juga : AC Milan Mau Bangkit? Datangkan 2 Pemain di Posisi Ini

Selain dijuluki sebagai kompetisi paling kompetitif di dataran Eropa, Liga Inggris juga memiliki jumlah penayangan yang sangat besar, yaitu ditayangkan di 212 wilayah diseluruh penjuru dunia. Liga ini juga memiliki jumlah penonton sebesar 643 juta penikmat yang berada di berbagai negara.

Salah satu alasan kenapa English Premier League disaksikan banyak orang selain karena kompetisinya yang begitu kompetitif adalah karena setiap klub besar yang berkompetisi di Liga Inggris memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan para penggemarnya yang berada di seluruh penjuru dunia.

Beberapa tim Liga Inggris yang masuk kedalam kategori dengan jumlah penggemar terbesar adalah Manchester United, Arsenal, Liverpool, dan Chelsea. Semua klub sepak bola itu memiliki bagian dari sejarah panjang kejayaan liga Inggris dari masa ke masa. Tim-tim ini juga melebarkan sayap kejayaannya hingga kompetisi akbar di dataran Eropa, yakni Champions League dan Europa League.

Sejarah Liga Inggris

Liga Inggris pertama didirikan pada 1992 setelah terjadinya perpecahan antara klub-klub liga Inggris dari kompetisi utama pada saat itu yang bernama Football League First Division, yang merupakan kompetisi sepak bola tertua di tanah Eropa. Perpecahan terjadi karena beberapa tim ingin mendapatkan penghasilan lebih besar dari hak siar dan sponsorship yang masuk.

Setelah Football League First Division gagal melakukan mediasi dengan 22 tim pesertanya, seluruh tim tersebut kemudian memutuskan membentuk kompetisi baru yang sudah mandiri secara hukum dan komersial, dan setiap pesertanya memiliki keetaraan suara, yang kemudian diberi nama English Premiere League atau yang lebih dikenal masyarakat Indonesia dengan nama Liga Inggris.

Langkah selanjutnya yang ditempuh oleh Liga Inggris adalah mendirikan kantor asosiasi sepak bola baru pada 27 Mei 1992 di Lancaster Gate. Dibuatnya asosiasi baru yang sudah memiliki konstitusi dan kemandirian dalam hal hak komersial membuat semua tim yang sebelumnya mengikutiFootball League First Division berbondong-bondong mengundurkan diri dari kompetisi tersebut dan memilih bergabung ke English Premiere League.

Sejak saat itu, kompetisi sepak bola di liga Inggris terus berkembang menjadi kompetisi yang sangat kompetitif. Itu dibuktikan dengan 49 tim pernah berlaga di kompetisi ini. Adapun pemegang gelar terbanyak Liga Inggris dipegang oleh Manchester United, Liverpool, Arsenal, dan Chelsea.

Bukti lain yang menggambarkan bahwa kompetisi sepak bola terbesar di tanah Inggris ini tumbuh menjadi kompetisi yang sangat kompetitif adalah dengan melihat peringkat koefisien Liga Inggris. Liga ini menempati peringkat dua dengan koefisien liga terbaik dibawah La Liga, yang notabene kompetisi sepak bola tertinggi yang berada di Spanyol.