Sejarah Dan Perkembangan Klub New Castel United Dari Awal Hingga Kini


Categories :


Klub sepak bola Newcastle United didirikan pada tahun 1892 sebagai Newcastle East End, dan berganti nama menjadi Newcastle United pada tahun 1894. Berikut adalah sejarah dan perkembangan klub Newcastle United dari awal hingga kini:

  1. Awal Pendirian: Klub ini awalnya didirikan oleh pengusaha lokal bernama Stanley Rous, yang kemudian menjadi presiden FIFA. Newcastle East End bergabung dengan Newcastle West End pada tahun 1892 untuk membentuk Newcastle United Football Club.
  2. St. James’ Park: Stadion utama klub, St. James’ Park, telah menjadi markas besar Newcastle United sejak tahun 1892. Stadion ini terletak di pusat kota Newcastle upon Tyne dan memiliki kapasitas lebih dari 52.000 penonton.
  3. Periode Keemasan: Newcastle United meraih kesuksesan besar pada awal abad ke-20, memenangkan Liga Inggris empat kali sebelum Perang Dunia II. Mereka juga meraih sejumlah gelar Piala FA pada periode ini.
  4. Pasca Perang Dunia II: Setelah Perang Dunia II, Newcastle United mengalami periode fluktuasi dalam performa mereka. Mereka mengalami beberapa degradasi ke divisi yang lebih rendah, namun juga berhasil memenangkan Piala FA pada tahun 1951 dan 1952.
  5. Era Kejayaan Kevin Keegan: Pada tahun 1990-an, Newcastle United kembali ke panggung internasional di bawah manajer Kevin Keegan. Mereka finis sebagai runner-up Liga Primer pada musim 1995-1996 dan 1996-1997.
  6. Pemilik Baru dan Tantangan Finansial: Pada tahun 2007, klub diakuisisi oleh pengusaha asal Rusia, Roman Abramovich. Namun, kepemilikan klub tersebut kemudian beralih ke grup investasi asal Amerika Serikat, yang menimbulkan sejumlah heylink situs slot bebas ip kontroversi dan ketidakpastian terkait keuangan klub.
  7. Promosi dan Degradasi: Newcastle United telah mengalami beberapa musim yang bergejolak dalam beberapa tahun terakhir, termasuk promosi ke Liga Primer setelah terdegradasi ke divisi Championship pada tahun 2016. Mereka kemudian meraih kesuksesan dengan finis di posisi yang relatif stabil di Liga Primer.
  8. Manajemen dan Pelatih: Klub ini telah melihat sejumlah manajer dan pelatih yang berbeda selama bertahun-tahun, termasuk nama-nama seperti Kevin Keegan, Bobby Robson, dan Alan Shearer.
  9. Pendukung Setia: Pendukung Newcastle United, yang dikenal sebagai “Toon Army”, terkenal karena kesetiaan mereka yang luar biasa terhadap klub, meskipun berbagai tantangan yang dihadapi klub dalam beberapa tahun terakhir.

Meskipun Newcastle United belum meraih gelar besar dalam beberapa tahun terakhir, klub tersebut tetap menjadi salah satu klub sepak bola paling ikonik dan terkenal di Inggris, dengan sejarah yang kaya dan basis penggemar yang besar.