PSSI Peraturan Pengamanan Sepak Bola Bakal Tertuang dalam Peraturan Kapolri


Categories :

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Ahmad Riyadh mengatakan bahwa tata tertib terbaru tentang pengamanan dalam perlombaan sepak bola nasional akan dituangkan dalam Peraturan Kapolri (Perkap).

“Itu akan menjadi tata tertib yang berlaku di seluruh Indonesia,” kata Ahmad Riyadh di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (18/10) malam.

Menurutnya, pihak kepolisian sepatutnya menyelaraskan slot gacor hari ini nilai-nilai tata tertib untuk Perkap itu dengan tata tertib lain, termasuk tata tertib FIFA, PSSI dan Polri sendiri.

Nantinya, dikala resmi diterbitkan, Perkap tersebut akan digunakan dalam cara kerja Liga 1, 2 dan 3 Indonesia 2022 yang rencananya diawali lagi pada akhir November.

“Mungkin butuh waktu agak lama untuk menghasilkan semuanya dalam satu Perkap karena jangan sampai bertabrakan dengan tata tertib-tata tertib lain. Patut harmonis. Akan tapi, jika malah waktunya tak cukup (untuk memecahkan Perkap-red), mungkin tata tertib soal pengamanan perlombaan itu akan dituangkan terutamanya dahulu ke tata tertib di bawah Perkap,” kata Ahmad Riyadh.

Meskipun demikian itu, Ketua Asprov PSSI Jawa Timur itu belum dapat memberitakan jadwal pasti kembalinya liga di Indonesia, yang dihentikan sementara imbas peristiwa di Stadion Kanjuruhan, Malang.

“Terlalu dini membicarakan jadwal itu sekarang. Seluruh cara kerja sedang berjalan. pasti, format pengamanan dari pihak kepolisian akan cocok dengan apa yang ditetapkan FIFA,” katanya.

Polri menjadi salah satu faktor yang tergabung dalam Gugus Tugas Transformasi Sepak Bola Indonesia yang disusun menurut kesepakatan antara FIFA, AFC, PSSI, Pemerintah Indonesia juga Polri.

Gugus tugas tersebut ditargetkan dapat menghasilkan sebuah tata tertib anyar untuk sepak bola nasional yang terintegrasi satu sama lain demi menghindari terulangnya kejadian di Stadion Kanjuruhan yang menewaskan 133 orang dan membikin ratusan lainnya dirawat di rumah sakit.

Demi menolong PSSI mentransformasi sepak bola nasional, Presiden FIFA Gianni Infantino malah seketika berkunjung ke Jakarta pada Selasa (18/10).

Selama di Ibu Kota, Infantino bersua dengan Presiden Joko Widodo dan PSSI. Infantino dan perwakilan FIFA juga sempat menjalani perlombaan persahabatan di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta.