Pernyataan La Liga: Klub Boleh Gabung ESL, Tapi Harus Siap dengan Konsekuensinya!

European Super League

Categories :

La Liga memberikan tanggapan pada hasil keputusan Court Justice of European Union (CJEU) yang mengizinkan European Super League digulirkan kembali. La Liga menjunjung ketentuan berikut dan mereka memastikan bahwa tiap tiap klub yang dapat ikuti turnamen itu harus siap dapat konsekuensinya.

European Super League merupakan persaingan yang digagas sejumlah klub top Eropa dua tahun yang lalu. Sempat membuat dunia sbobet sepak bola heboh, tetapi wacana itu sempat meredup setelah sebagian besar inisiatornya mengundurkan diri.

Baru-baru ini ada angin fresh berhembus kepada ESL. CJEU menyebut bahwa turnamen ini dapat digelar bersama dalil sepak bola tidak dapat dimonopoli satu pihak dan klub-klub yang berminat untuk ikuti turnamen ini tidak boleh diberi sanksi.

La Liga sebagai salah satu pihak yang menampik turnamen itu baru-baru ini beri tambahan pengakuan formal mereka. Mereka menjunjung kalau ada klub mereka yang berkenan turut turnamen ini, tetapi mereka harus siap konsekuensinya.

Landasan Hukum

La Liga berdasarkan rilis yang di terima Bola.net menyebut bahwa tim-tim yang ikuti ESL harus siap-siap bersama konsekuensi tindakan mereka.

Mengutip Advokat Jendral CJEU, tim-tim ini harus siap untuk tidak bermain di persaingan yang dinaungi UEFA terhitung La Liga.

“Walaupun Perusahaan Liga Super Eropa membawa kebebasan untuk membuat persaingan sepak bola independennya sendiri di luar ekosistem UEFA atau FIFA. Selain menciptakan persaingan tersebut, mereka tidak dapat konsisten berpartisipasi didalam persaingan sepak bola yang diadakan oleh FIFA dan UEFA tanpa izin sebelumnya dari federasi tersebut.”

Penuhi Persyaratan

La Liga yang diwakili sang presiden, Javier Tebas memastikan bahwa pihaknya tidak dapat menghalangi tim-tim berikut untuk ikuti ESL. Namun kalau tim-tim itu ikuti ESL dan mereka tetap mendambakan bermain di La Liga, maka mereka harus siap-siap ikuti sejumlah syarat yang ada.

“Keputusan ini memastikan apa yang selamanya kita katakan: siapa pun dapat menyelenggarakan persaingan di luar ekosistem UEFA dan FIFA, hal ini tidak dapat dilarang, dan tidak ada yang mempertanyakan hal ini,” membuka Tebas.

“Pertanyaan yuridisnya adalah syarat supaya kompetisi-kompetisi berikut berada di bawah ekosistem UEFA dan FIFA, yaitu harus ada ketentuan yang transparan, jelas, dan obyektif didalam persetujuan persaingan baru. Pada tahun 2022, UEFA telah memutuskan prosedur untuk mengesahkan persaingan baru yang dapat digunakan oleh Liga Super Eropa atau persaingan lainnya,” pungkasnya.

Tidak Akan Halangi

Secara terpisah, Presiden UEFA, Aleksander Ceferin terhitung memastikan bahwa pihaknya tidak dapat menghalang-halangi klub Eropa manapun untuk join bersama ESL.

Ia optimistis bahwa UEFA dapat sediakan persaingan yang terus menerus dan adil bagi klub-klub di Eropa.