Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Mental, Bantu Kurangi Cemas!


Categories :

Tidak cuma bagi kesehatan tubuh secara jasmaniah, olahraga juga mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan mental. Manfaat olahraga bagi kesehatan mental antara lain dapat mengurangi stres sampai meningkatkan rasa percaya diri, terutamanya jikalau dijalankan secara rutin dan diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya.

Mari kenal info lebih lanjut seputar manfaat olahraga bagi kesehatan mental dalam review berikut ini.

Manfaat Olahraga untuk Kesehatan Mental
 

Kegiatan olahraga dikatakan berguna bagi kesehatan mental karena dapat meningkatkan peredaran darah ke otak dan kerja HPA slot bonus new member 100 di awal (hypothalamic-pituitary-adrenal axis). HPA berpengaruh terhadap beberapa komponen otak, seperti metode limbik (membatasi suasana hati, perilaku, dan daya ingat), amigdala (pusat pemrosesan emosionil yang utama di mana kerusakannya dapat memunculkan rasa kuatir dan kebingungan), serta hipokampus (penyusunan daya ingat rentang panjang).

Dikala sedang berolahraga, tubuh akan melepaskan neurotransmitter dan hormon, seperti serotonin, dopamin, dan endorfin. Hormon endorfin berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan membantu meningkatkan perasaan senang atau euforia. Sementara itu, hormon dopamin dapat meningkatkan mood (happy hormone). Sedangkan, hormon serotonin berguna untuk meningkatkan suasana hati dan kualitas tidur.

Dikala lebih spesifik, berikut adalah masing-masing penjelasan seputar manfaat olahraga bagi kesehatan mental.

  1. Mengurangi Stres
     

Manfaat olahraga bagi kesehatan mental yang pertama adalah mengurangi stres. Dikala berolahraga, tubuh tidak cuma melepaskan hormon senang tetapi juga mengurangi produksi hormon kortisol yang meningkat saat seseorang mengalami stres. Di samping itu, meningkatnya denyut jantung saat berolahraga dapat membuat tubuh memproduksi lebih banyak hormon norepinefrin yang dapat menstabilkan suasana hati. Pada alhasil, stres dapat berkurang.

  1. Cemas Cemas dan Depresi
     

Manfaat kegiatan jasmaniah bagi kesehatan mental berikutnya adalah membantu meringankan gejala pengidap gangguan kuatir dan depresi. Hal ini terjadi karena olahraga dapat menstimulus produksi hormon endorfin yang berperan sebagai pereda rasa nyeri dan meningkatkan rasa senang.

Guna mengoptimalkan manfaat ini, lakukan olahraga di pagi hari agar dapat mendapatkan cukup sinar matahari. Pasalnya, sinar matahari di pagi hari dapat membantu meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh. Melakukan, risiko depresi pun dapat berkurang dan tubuh juga kian sehat.

  1. Meningkatkan Mood
     

Bila olahraga secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan mental karena kegiatan ini berguna untuk membenarkan suasana hati yang sedang tidak baik. Menjalani olahraga secara teratur diketahui dapat membuat seseorang menjadi lebih tenang, puas, dan senang sehingga pikiran pun menjadi positif. Sebab suasana hati sedang tidak stabil, cobalah melaksanakan olahraga ringan seperti jalan kaki. Mutu jalan kaki dapat menjadi kegiatan rekreasi, dan menjadi olahraga aerobik yang baik untuk metode kardiovaskular. 

  1. Meningkatkan Namun Tidur
     

Manfaat olahraga bagi kesehatan mental berikutnya adalah membantu menyelesaikan keadaan sulit tidur seperti insomnia serta membenarkan pola tidur. Pasalnya, olahraga diketahui dapat menurunkan temperatur tubuh sehingga memicu perasaan mengantuk. Pengaruh, hindari olahraga di malam hari memasuki waktu tidur karena temperatur dan metabolisme tubuh yang meningkat setelah berolahraga justru membuat seseorang terjaga. Sebaiknya  lakukan olahraga di pagi dan sore hari.

  1. Meningkatkan Fungsi Kerja Otak
     

Manfaat olahraga secara teratur bagi peningkatan fungsi otak didapatkan dari produksi zat BDNF (brain-derived neurotrophic factor) yang meningkat selama olahraga aerobik. BDNF adalah zat yang berfungsi untuk menyusun sel-sel otak baru sehingga dapat meningkatkan fokus serta tenaga serap otak dalam mengolah info.

  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri
     

Tidak olahraga terhadap kesehatan mental berikutnya adalah meningkatkan rasa percaya diri. Pasalnya, rutin berolahraga dapat membuat berat badan menjadi lebih pas sehingga kepercayaan diri pun akan meningkat.

Tidak cuma itu, beberapa tipe olahraga seperti basket, sepak bola, dan voli membutuhkan kerja sama tim yang baik antar anggotanya. Hal ini tentu dapat meningkatkan kecakapan seseorang dalam bersosialisasi dan berprofesi sama dengan orang lain.

  1. Senang Hidup Menjadi Lebih Bila
     

Hormon-hormon yang dilepaskan oleh otak selama berolahraga, seperti dopamin, serotonin, dan endorfin dapat meningkatkan suasana hati. Namun dijalankan dalam rentang panjang, ketiga hormon hal yang demikian dapat meningkatkan fungsi otak menjadi lebih baik. Setidaknya, lakukan olahraga minimal tiga kali dalam satu pekan untuk mendapatkan manfaat ini.

Itulah beberapa manfaat olahraga bagi kesehatan mental yang penting untuk diketahui. Cobalah melaksanakan olahraga secara rutin agar suasana hati tetap terjaga, sehingga Anda pun akan lebih mudah dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Pengaruh, jikalau Anda mengalami keluhan gangguan mental yang tidak kunjung membaik dan merasa membutuhkan bantuan dari profesional, jangan ragu mengunjungi Siloam Hospitals terdekat untuk mengonsultasikannya terhadap dokter.

Anda dapat menggunakan fitur Cari Dokter untuk membuat komitmen temu terutamanya dulu. Bisa berkonsultasi secara virtual dari rumah? , pakai fitur Telekonsultasi yang tersedia di aplikasi MySiloam secara mudah dan praktis. Mari percayakan selalu kesehatan Anda.