Kisah dan Sejarah Unik di Balik Berdirinya La Liga Spanyol

sejarah laliga

Categories :

Bagi Anda penggemar olahraga sepak bola tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah liga Spanyol. Bahkan tidak sedikit penggemar sepak bola yang update sekali dengan berita terkait liga Spanyol. Meskipun sudah sering mendengarnya, apakah Anda sudah mengetahui sejarah dari liga Spanyol? Jika belum, mari simak penjelasan singkat berikut mengenai sejarah liga Spanyol.

Sejarah Liga Spanyol

Pada tahun 1927 Liga Spanyol atau istilah lainnya La Liga dimulai. Seorang Direktur yang berasal dari Arenas Club de Getxo dan mempunyai nama Jose Maria Acha memulai gagasannya untuk membuat sebuah pertandingan olahraga sepak bola di negara Spanyol. Sebenarnya ada banyak perdebatan mengenai gagasan tersebut dari orang lain.

Keputusan dari Federacion Espanola de Futbol Real pada akhirnya memulai La Liga. Pada federasi tersebut memasukan 10 tim ke dalam Primera Division. 6 tim tersebut diantaranya yaitu Real Madrid, Barcelona, Real Sociedad, Arenas Club de Getxo, Athletic Bilbao serta Real Union. Ketika pertama kali diselenggarakan yaitu pada tahun 1929, La Liga merupakan pertandingan sepak bola tertinggi yang ada di negara tersebut.

FC Barcelona merupakan tim yang memperoleh gelar juara di La Liga yang diadakan pada tahun pertamanya. Sekarang ini, tim yang mengikuti ajang La Liga berjumlah 20 tim. Sejak awal mula La Liga pada tahun 1929 sampai 2014 kemarin, Real Madrid merupakan tim yang terbanyak meraih gelar juara.

Awal-awal Perayaan La Liga

Pada awal-awal perayaan La Liga, terdapat beberapa tim berbeda yang juga pernah merasakan menduduki posisi teratas La Liga. Tetapi capaian mereka masih jauh di bawah Real Madrid dan FC Barcelona. La Liga terpaksa diberhentikan untuk sementara waktu karena terjadi Perang di Spanyol. Perang akhirnya usai pada tahun 1940.

Atletico dan Valencia juga mengikuti kompetisi di Spanyol tersebut dan pada tahun 1940 hingga 1945 sempat memperoleh posisi puncak. Kurang lebih selama 20 tahun yaitu dari tahun 1961 hingga 1980 Real Madrid akhirnya mendominasi jalannya La Liga. Namun, Barcelona berhasil menahan laju dari Real Madrid dalam menguasai La Liga. Semenjak kala itu, El Clasico antara Barcelona dengan Real Madrid dimulai dalam pertandingan La Liga.

Daftar Juara Liga Spanyol

Tidak hanya Real Madrid dan Barcelona saja yang memperoleh gelar juara Spanyol terbanyak. Nyatanya ada juga tim lainnya yang memperoleh gelar juara lebih dari satu kali. Berikut ini adalah daftar juara liga Spanyol yang lebih dari satu kali.

1. Real Madrid

Tim pertama yang memperoleh gelar Liga Spanyol terbanyak adalah Real Madrid. Tim yang berdiri pada 6 Maret 1902 ini telah memperoleh trofi La Liga sebanyak 34 kali.

Los Merengues (julukan Real Madrid) pertama kali memperoleh gelar juara La Liga pada musim 1931/1932. Di musim terakhir (2020/2021) mereka harus menyerahkan trofi Liga Spanyol ke rival sekotanya, Atletico Madrid.

Real Madrid juga termasuk tim yang mempunyai performa yang cukup stabil. Meskipun tidak menorehkan gelar juara, mereka kerap mengakhiri musim dengan berada di posisi runner up klasemen Liga Spanyol.

Prestasi Real Madrid tidak hanya di kompetisi domestik saja, namun juga di kancah Eropa. Terbukti mereka menjadi tim yang memperoleh gelar Liga Champions Eropa terbanyak.

Performa bagus Real Madrid tentu saja tidak bisa dipisahkan dengan para pemainnya. Seperti kita ketahui kalau tim yang bermarkas di Santiago Bernabeu ini diperkuat oleh para pemain bintang kelas dunia. Sebut saja Cristiano Ronaldo, Luca Modric, bahkan Zinedine Zidane sudah pernah jadi pemain maupun pelatih.

Di musim 2021/2022, Real Madrid tidak akan diperkuat oleh para pemain veterannya yaitu Sergio Ramos. Apakah mereka bisa kembali merebut trofi liga Spanyol dari Atletico Madrid?

2. Barcelona

Tim yang memperoleh gelar juara Liga Spanyol terbanyak kedua adalah Barcelona. Tim yang bermarkas di Camp Nou ini telah mengoleksi 26 gelar juara La Liga.

Barcelona pertama kali memperoleh gelar juara Liga Spanyol pada tahun 1929 dan terakhir kali juara di musim 2018/2019. Barcelona juga selalu bersaing ketat dengan Real Madrid dalam perebutan gelar juara Liga.

Sama seperti rivalnya, Barcelona juga diperkuat oleh para pemain top dunia seperti Lionel Messi. Namun sayang pemain terbaik dunia ini harus meninggalkan klub kesayangannya di tahun 2021. Sehingga Barcelona tidak akan diperkuat oleh Messi di kompetisi selanjutnya.

Performa Barcelona setiap musimnya juga stabil. Meskipun tidak memperoleh gelar juara, setidaknya mereka mengakhiri musim di posisi runner up.

Barcelona sempat menguasai Spanyol dan Eropa, terutama ketika masih berada di bawah asuhan Pep Guardiola. Tak hanya Liga Spanyol saja yang mereka raih, namun juga Liga Champion Eropa.

Baca Juga : Juventus Vs Inter Milan Tuntas 1-1

Seiring berjalannya waktu, Barcelona telah ditinggalkan oleh para pemain andalannya. Selain Messi, Andres Iniesta dan Xavi Hernandez harus angkat kaki dari Barcelona. Bahkan sang pelatih pun harus hengkang ke tim lain.

Selisih gelar juara La Liga Barcelona masih terpaut cukup jauh dari Real Madrid. Sehingga masih cukup sulit bagi Barcelona untuk menyalip trofi La Liga yang dimiliki oleh Real Madrid

3. Atletico Madrid

Salah satu tim yang kerap menyulitkan Barcelona dan Real Madrid adalah Atlético Madrid. Sampai sekarang, Atletico Madrid sudah mengantongi 11 gelar La Liga.

Trofi pertama yang diperoleh Atletico Madrid yaitu pada musim 1939/1940. Dan trofi terakhir yang mereka dapatkan yaitu di musim 2020/2021 ketika di bawah asuhan Diego Simeone.

Diego Simeone menjadi pelatih ketiga Atletico Madrid yang bisa membawa timnya meraih gelar juara La Liga. Hal yang sama juga dilakukan oleh Ricardo Zamora di tahun 1940 – 1941 dan Helenio Herrera di tahun 1950-1951.

Berbanding terbalik dengan Real Madrid dan Barcelona, Atletico Madrid tidak diperkuat oleh para pemain top dunia. Namun banyak pemain dari Atletico Madrid yang menjadi pemain bintang. Sebut saja Antoine Griezmann, Luis Suarez, dan Fernando Torres.

Status Atletico Madrid di La Liga musim 2021/2022 adalah juara bertahan. Apakah mereka bisa mempertahankan gelar mereka atau harus menyerahkannya ke tim lain?

4. Athletic Bilbao

La Liga musim 1929/1930 menjadi musim pertama Athletic Bilbao memperoleh gelar juara Liga. Sampai sekarang ini, tim berjuluk Los Leones ini sudah mengantongi 8 trofi La Liga.

Terakhir kali Athletic Bilbao mengangkat trofi La Liga di musim 1983/1984. Mereka berhasil mengalahkan tim-tim kuat waktu itu yaitu Real Madrid, Barcelona, dan Atletico Madrid.

Sampai sekarang, kejayaan Athletic Bilbao masih belum bangkit kembali. Mereka kerap kesulitan setiap musim dan malah sering menghuni papan tengah kelasemen. Mereka juga selalu kesulitan untuk berada di posisi tiga besar klasemen Liga Spanyol.

5. Valencia

Meskipun sering mengakhiri musim di papan tengah klasemen, namun Valencia termasuk salah satu tim terbaik di Spanyol di tahun 1940-an. Mereka pertama kali mengangkat trofi la Liga pada tahun 1940/1941.

Sementara trofi La Liga yang terakhir kali mereka dapatkan yaitu di musim 2003/2004. Sama seperti Athletic Bilbao, Valencia juga kerap kesulitan untuk mengakhiri musim di posisi tiga besar.

6. Real Sociedad

Kerap menghuni papan tengah dan papan bawah klasemen, Real Sociedad nyatanya sudah mengantongi trofi La Liga sebanyak dua kali. Mereka memperoleh gelar ini di musim 1980/1981 dan 1981/1982.

Bahkan di musim sebelumnya mereka juga nyaris menghentikan Real Madrid setelah menjuarai La Liga selama tiga musim berturut-turut. Namun sayang Real Sociedad belum bisa melakukannya dan harus puas di urutan kedua.

Untuk saat ini  sangat sulit bagi Real Sociedad untuk bangkit. Jangankan untuk juara, bertahan di posisi tengah klasemen saja sudah cukup kewalahan.

Tim lain yang yang sempat memperoleh gelar juara La Liga adalah Deportivo La Coruña, Sevilla, dan Real Betis. Ketiga tim ini sempat mencium trofi La Liga sebanyak satu kali.

Penutup

Sampai saat ini, Real Madrid menjadi tim yang mengantongi gelar juara terbanyak sepanjang sejarah Liga Spanyol. Pencapaian ini tentu sangat sulit dikejar oleh tim-tim lainnya meskipun oleh Barcelona dan Atletico Madrid.

Sejarah Liga Spanyol memang sangat panjang, namun sulit bagi tim lain untuk menghentikan dominasi tim Real Madrid dan Barcelona. Sama seperti Italia, asal usul Liga Spanyol juga berawal dari para imigran Inggris.