Everton Ajukan Banding terhadap Sanksi Pengurangan 10 Poin di Liga Inggris

Everton

Categories :

Kisah dan Sejarah Unik di Balik Berdirinya La Liga Spanyol

Everton telah mengajukan banding pada pengurangan 10 poin mereka di Liga Inggris. Klub Merseyside itu segera kehilangan poinnya bulan lantas setelah Liga Premier menunjukkan klub itu melanggar ketentuan profitabilitas dan keberlanjutan (PSR) mengenai kerugian.

“Everton Football Club hari ini udah mengajukan banding kepada Ketua Panel Yudisial Liga Premier atas keputusan Komisi Liga Premier yang mengenakan pengurangan 10 poin pada klub,” kata Everton di dalam sebuah pengakuan pada Jumat, 1 Desember 2023. “Dewan Banding saat ini akan ditunjuk untuk mendengarkan masalah ini.”

Awal bulan ini, Liga Premier menyatakan Everton mengakui mereka udah melanggar ketentuan profitabilitas dan keberlanjutan selama sidang. Sanksi yang dijatuhkan adalah yang terbesar sejak berdirinya Liga Premier pada 20 Februari 1992.

Baca juga:

Kisah dan Sejarah Unik di Balik Berdirinya La Liga Spanyol

Juventus Vs Inter Milan Tuntas 1-1

Everton di awalnya menyatakan pengurangan tersebut, yang membuat klub itu turun dari peringkat ke-14 klasemen ke zona degradasi bersama empat poin, sepenuhnya tidak proporsional dan tidak adil.

Penggemar Everton memprotes pemotongan poin berikut saat mereka kalah 0-3 dari Manchester United pekan lalu, bersama ribuan pendukung memegang isyarat berwarna merah muda cerah di Goodison Park yang bertulisan “Korupsi” di bawah logo kepala singa Liga Premier sebelum akan tim diperkenalkan.

Pekan lalu, kelompok suporter Everton The 1878s mengibarkan spanduk bertulisan “Premier League = Corrupt” di atas Stadion Etihad saat Manchester City bermain imbang 1-1 bersama Liverpool.

Everton, yang kini menempati posisi ke-19 dari 20 tim bersama 4 poin dari 13 pertandingan, akan bertandang untuk menghadapi Nottingham Forest pada Minggu dini hari WIB, 3 Desember 2023.