Daftar 11 Atlet Indonesia yang Sudah Lolos ke Olimpiade 2024

Atlet Indonesia yang Sudah Lolos ke Olimpiade

Categories :

Jakarta – Indonesia telah meloloskan 11 atlet ke Olimpiade 2024 Paris. Dua berasal dari atlet itu lolos melalui sarana wildcard atau undangan.

Atlet Indonesia yang Sudah Lolos ke Olimpiade 2024

Atlet paling akhir yang lolos adala slot gacor 777 Rizki Juniansyah berasal dari cabang angkat besi. Ia menyusul teman setimnya, Eko Yuli Irawan. Riski lolos setelah mengamankan tiket ke Olimpiade 2024 Paris usai capai emas di ajang IWF World Cup 2024 di Phuket, Thailand, Kamis, 4 April.

Turun di di nomor 73 kg, ia capai total angkatan 365 kg mengalahkan lifter andalan Cina, Shi Zhiyong, yang beroleh perak bersama dengan total angkatan 356 kg.

Atlet Indonesia lain, Rahmat Erwin Abdullah, capai perunggu bersama dengan total angkatan 355 kg. Namun, Erwin gagal capai tiket Olimpiade 2024 gara-gara dalam ketentuan Olimpiade, hanya satu atlet senegara yang sanggup dikirimkan ke dalam satu nomor lomba angkat besi.

Atlet Indonesia yang telah lolos ke Olimpiade 2024 Paris melalui kualifikasi:

1. Arif Dwi Pangestu (panahan)2. Diananda Choirunisa (panahan)
3. Rifda Irfanalutfi (senam)
4. Fathur Gustafian (menembak)
5. Desak Made Rita (panjat tebing
6. Rahmad Adi Mulyono (panjat tebing)
7. Rio Waida (selancar)
8. Eko Yuli Irawan (angkat besi)
9. Rizki Juniansyah (angkat besi).

Atlet Indonesia lolos ke Olimpiade bersama dengan capai wildcard:

1. Lalu Muhammad Zohri (atletik)
2. Odekta Naibaho (atletik).

Jumlah di atas masih sanggup jadi tambah lagi. Saat ini sejumlah atlet Indonesia berasal dari beraneka cabang masih meniti kualifikasi.

Dari angkat besi, tak sekedar Rizki dan Eko Yuli, masih ada pemain lain yang lolos. Di kelas 67 Kg masih ada lifter Mohammad Yasin yang masih berpeluang lolos. Di ajang IWF World Cup 2024 tersebut, Yasin berada di peringkat keempat bersama dengan laksanakan total angkatan 293 kg.

Atlet Indonesia lain yang terhitung terlalu berpeluang lolos adalah berasal dari cabang bulu tangkis. Cabang balap sepeda, judo, dan taekwondo terhitung memiliki peluang. Kualifikasi berjalan hingga Juni 2024.

Olimpiade 2024 dapat berjalan di Paris, Prancis, terhadap 26 Juli – 11 Agustus 2024. Pada Olimpiade terakhir, di Tokyo 2020, Indonesia mengirimkan 28 atlet dan membawa pulang satu emas, satu perak, dan tiga perunggu.

10 Atlet Indonesia yang Sudah Lolos ke Olimpiade 2024, Terbaru Eko Yuli Irawan

Indonesia konsisten menaikkan tiket ke Olimpiade 2024 Paris. Atlet teranyar yang lolos adalah Eko Yuli Irawan, dari cabang angkat besi.

Eko Yuli Irawan lolos waktu tampil di International Weightlifting World Cup di Phuket, Thailand, Selasa, 3 April. Lifter berusia 34 th. itu berhasil merampungkan angkatan snatch 133 kilogram, tapi ia tidak merampungkan angkatan clean plus jerk bersama dengan prima gara-gara kasus cedera lutut yang dialaminya belum sembuh secara total.

Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari menyebutkan Eko Yuli Irawan mencatatkan peristiwa baru bersama dengan keberhasilannya. Ia akan ikuti lima edisi Olimpiade.

“Ini (lolosnya Eko Yuli Irawan ke Olimpiade Paris 2024) merupakan catatan peristiwa baru buat olahraga Indonesia di mana satu atlet tampil lima edisi Olimpiade atau quintrick,” ujar Oktohari didalam info tertulis, Rabu.

Sebelumnya Eko terhitung udah tampil menyumbang medali perunggu dan perak pada Olimpiade Beijing 2008, Olimpiade London 2012, Olimpiade Rio de Janeiro 2016, dan Olimpiade Tokyo 2020.

Oktohari mengatakan, KOI menyongsong gembira lolosnya Eko ke Olimpiade Paris. “Selamat dan luar biasa atas peristiwa baru buat Indonesia melalui capaian quintrick tampil di Olimpiade dari Eko,” katanya.

Oktohari terhitung meminta bantuan penduduk Indonesia supaya atlet angkat besi dapat menyumbangkan medali emas pada Olimpiade Paris 2024. “Semoga di Paris 2024 ini dapat pecah telur untuk medali emas,” kata dia.

Eko Yuli menjadi atlet Indonesia ke-10 yang lolos ke Olimpiade 2024. Sebelumnya, sembilan atlet lain udah lolos, terhitung dua melalui layanan wildcard.

Atlet Indonesia yang Sudah Lolos ke Olimpiade 2024 Paris:

1. Arif Dwi Pangestu (panahan)
2. Diananda Choirunisa (panahan)
3. Rifda Irfanalutfi (senam)
4. Fathur Gustafian (menembak)
5. Desak Made Rita (panjat tebing
6. Rahmad Adi Mulyono (panjat tebing)
7. Rio Waida (selancar)
8. Eko Yuli Irawan (angkat besi)
9. Lalu Muhammad Zohri (atletik
10. Odekta Naibaho (atletik).

Dua atlet yang lolos melalui wildcard adalah dari cabang atlet: Lalu Muhammad Zohri dan Odekta Naibaho. Meski udah lolos melalui jalur undangan, keduanya masih konsisten tampil didalam kualiifkasi, untuk merebut tiket langsung.

Rangkaian kualifikasi berjalan hingga Juni 2024. Sejumlah cabang masih berpeluang meloloskan atletnya, yakni angkat besi, panahan, balap sepeda, judo, taekwondo, bulu tangkis.